0

Ilmu Budaya Dasar 2


             
  1.    Sebutkan cinta menurut Dr.Sarlito W.Sarwono. Berikan contoh masing-masing         ,              minimal 2 contoh.
Pengertian tentang cinta dikemukakan juga oleh Dr. Sarlito W. Sarwono, dikatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu: keterikatan. Keintiman, dan kemesraan.
-       Keterikatan   : keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, kalau janji dengan dia harus ditepati.
-       Keintiman      : keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan, sayang dan sebagainya.Makan minum dari satu piring, cangkir tanpa rasa risi, pinjam meminjam baju, saling memakai uang tanpa rasa berhutang, tidak saling menyimpan rahasia dan lain-lainya.
-   Kemesraan  : kemesraan, yaitu adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang,dan seterusnya.

Contoh Keterikatan       : Antara Manusia dengan hewan peliharaannya.
                                         : Antara Teman dengan Sahabatnya.

Contoh Keintiman  : Antara Adik yang memakai baju kakanya bahkan                                                    bertukar pakaian.
: Antara Ibu yang sedang makan satu piring bersama             anaknya.
                  Contoh Kemesraan       : Antara Suami – Istri melakukan hubungan intim
: Antara Ibu yang memberi kasih sayang kepada anaknya.

2.            A. Sebutkan nilai estetik keindahan,berikan minimal 2 contoh.        Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya.
-       Nilai ekstrinsik    : Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya ( instrumental/contributory) yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu.
Contoh     : Puisi. Bentuk puisi yang terdiri dari bahasa, diksi baris, sajak, irama, itu disebut nilai ekstrinsik
-       Nilai Instrinsik     : Nilai instrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, yaitu sebagai sesuatu tujuan, atau demi kepentingan benda itu sendiri.
Contoh     : sedangkan pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda ) puisi itu disebut nilai instrinsik.
B. Jelaskan keserasian dalam keindahan beserta contohnya.
            Keserasian, artinya cocok, kena benar, dan sesuai benar. Kata cocok,kena dan sesuai itu mengandung unsure perpaduan, pertentangan, ukurn dan seimbang. The Liang Gie dalam bukunya garis besar estetika menjelaskan bahwa dalam menciptakan seni ada 2 teori yaitu :
-       Teori objektif : yang menciptakan nilai estetika adalah sifat (kualitas) yang memang benar melekat dalam bentuk indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang mengamatinya.
-       Teori Subjektif : Perasaan dalam diri seseorang yang mengamati sesuatu benda.
  
  
.
                 3.Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari anda tentang penderitaan,sebab dan pengeruh penderita tersebut.
Contoh penderitaan dalam kehidupan sehari-hari ialah “Broken Hearth”,yang sering kita lihat pada anak usia yang menginjak keremajaan.
      Sebab-sebabnya : karena adanya kurang perhatian dari OrangTua, OrangTua yang kurang member kasih saying, jarangnya komunikasi dari keluarga sekaligus sosialisasinya,adanya pertikaian di dalam keluarga.
            Pengaruh penderitaan : pengaruhnya kepada penderita, dia dapet terjerumus pada obat-obat terlarang, pergaulan bebas,dan menindak lanjutin tentang kriminal,itu semua dikarenakan penderita tersebut ingin lari dari permasalah tersebut namun penderita itu salah memilih jalan,melainkan penderita tersebut memilih jalan kebebasan yang suram.




0 komentar:

Posting Komentar